Opiniku | 5 Juni 2024 – Banyak cerita yang tidak bisa kita fahami dalam kehidupan ini. Tapi semua hal itu pastilah bertumpu kepada sebab-akibat. Sebab kita melakukan apa, maka akibatnya terjadi apa. Karenanya saya coba catat beberapa hal yang banyak dilupakan orang dan kurang mendapat perhatian.

Hal-hal yang harus diperhatikan, yang oleh sebagian orang dianggap sepele, diantaranya :

  1. Menghormati, mengagungkan dan memelihara majlis ilmu dengan tidak mengotorinya, bermain HP, merokok, bercanda dan semua hal yang tidak pantas.
  2. Melakukan setiap amal dengan sepenuh hati ikhlas karena Allah dan selalu merasa diperhatikan oleh Allah disetiap amal yang kita lakukan, baik sendiri maupun berjama’ah.
  3. Tidak menolak, mempertanyakan dan mengomentari negatif, apapun perintah dari guru. Dan berusaha sekuat tenaga untuk mengamalkannya dengan penuh keyakinan.
  4. Menghargai dan menghormati dengan sepenuh hati setiap dzikir yang kecil, tidak meremehkannya, terlebih lagi dzikir itu yang dibaca oleh guru kita.
  5. Berusaha menjadikan ibadah yang Sunnah seperti wajib dan menjalankannya dengan ikhlas.
  6. Tidak meremehkan dosa-dosa kecil karena siapa kira di dalamnya terdapat murka Allah SWT.
  7. Ketika terjadi sesuatu yang tidak nyaman, tidak menyalahkan orang lain. Tapi justru senantiasa instrospeksi menyalahkan diri sendiri. Karena tidak mungkin kejadian itu terjadi tanpa ada sebabnya.
  8. Membersihkan hati dari penyakit : Takabbur, Riya, ‘Ujub, Sum’ah dan Hasad. Beramalah dengan ikhlas tanpa motivasi yang salah.
  9. Perhatikan setiap ucapan yang keluar dari lisan kita dan juga perhatikan setiap amal yang kita perbuat. Apakah ucapan kita ini menyakitkan hati orang lain atau perbuatan kita ini justru merugikan orang lain.
  10. Mengurangi dan bahkan meninggalkan hal-hal yang tidak ada manfaatnya. Meski itu Mubah, tinggalkanlah. Terlebih lagi yang makruh.
  11. Hilangkan penyakit : pengen terus dikasih sama orang dan suka iri dengan perolehan orang lain.
  12. Mengucapkan salam, berdo’a sebelum dan sesudah melakukan amal, berwudhu ketika mau adzan, berdo’a sebelum tidur dan bangun tidur, bersiwak (sikat gigi) ketika mau berdzikir kepada Allah SWT.
  13. Tidak suka membicarakan kebaikan diri sendiri dan tidak suka menceritakan keburukan orang lain. Ia lebih suka membicarakan kebaikan orang lain dan senantiasa mengingatnya sekecil apapun itu.
  14. Menghargai dan mengerti orang lain seperti menghargai dirinya sendiri dan tidak punya keinginan dimengerti oleh orang lain.
  15. Belajar mencintai tidak membenci. Belajar bersabar dan jangan marah.
  16. Berusaha tidak menyepelekan hal yang penting dan tidak membuat penting hal yang sepele. Karena kecil belum tentu kecil dan besar belum tentu besar. Banyak contoh yang kecil justru lebih mahal dari yang besar.
  17. Meninggalkan semua kemakruhan dalam sholat dan ibadah mahdhoh yang lain.
  18. Berusaha sekuat tenaga mengundang ridho Allah dan tidak mengundang murka Allah SWT.
  19. Menerima dengan ridho semua Taqdir Allah SWT yang terjadi kepada diri sendiri. Yakin bahwa tidak ada kesia-siaan di dunia ini yang Allah ciptakan.

Demikianlah beberapa catatan yang menurut saya sangat berharga untuk diperhatikan. Kecil belum tentu kecil dan besar belum tentu besar. Fahmilah secara perlahan setiap bentuk yang kita hadapi. Semoga Allah SW memberikan Hidayah dan Taufiq kepada kita semuanya. Aamiin ya Robbal ‘alamin.

♦ Penulis : A. Zahari Aksam – ATTAQWA HMD

PRATAMA PRODUCT : Video Company Profile, Video Safety Induction, Short Movie